Cara Install Aplikasi Minbar pada BlankOn Linux

Pernahkah kita terkadang lupa akan shalat ketika kita sedang asyik di depan komputer/laptop? ini pasti kadang terjadi pada kita semua yang sedang asyiknya berada di depan layar laptop/komputer. Kini kita tidak perlu lupa akan shalat lagi karena sudah ada aplikasi pengingat waktu shalat di Linux yaitu Minbar. Aplikasi ini terdapat di daftar aplikasi bawaan Blank0n sajadah dan kita dapat menginstalnya di komputer kita. Karena di daftar aplikasi bawaan Blank0n 7.0 Pattimura tidak terdapat MInbar tapi ada di repo maka saya akan mencoba menginstalnya.

Langkah pertama adalah klik ikon Blank0n di pojok kiri atas lalu pilih Synaptic Manajer Paket,

setelah itu akan muncul tampilan untuk memasukkan password root dan setelah selesai memasukkan password akan muncul tampilan Synaptic Manajer Paket,

selanjutnya kita ketikkan “minbar”(tanpa tanda kutip) di kotak pencarian lalu akan muncul daftar aplikasi yang di maksud. Klik pada kotak yang bertuliskan minbar lalu pilih “Tandai untuk Dipasang”, lalu akan muncul kotak dialog yang berhubungan dengan aplikasi minbar tersebut dan pilh “Tandai”.

maka nanti akan terlihat bahwa kotak yang tadi kita pilih untuk ditandai akan berubah dan setelah itu lalu pilh “Terapkan” untuk melanjutkan ke proses penginstalan.

lalu nanti akan muncul kotak dialog apakah kita setuju ingin menginstal apalikasi tersebut, jika iya maka pilih “Terapkan” dan selanjutnya akan mulai proses penginstalan.

Setelah proses penginstalan selesai maka kotak yang tadi kita pilh ditandai untuk dipasang berubah warna dan itu berarti kita telah berhasil menginstal aplikasi Minbar.

lalu selanjutnya kita akan mencoba aplikasi minbar yang telah kita install tadi, pilih ikon Blank0n di pojok kiri atas lalu pilih aplikasi kemudian pilih aksesoris dan kita pilih Waktu Sholat Minbar.

setelah kita pilih daftar aplikasi Minbar maka akan muncul kotak tampilan Minbar.

kini saatnya kita mengatur tampilan minbar agar aplikasi ini bisa berfungsi dan bermanfaat bagi kita. Pilih Prefensi pada kotak tampilan Minbar lalu akan mucul tampilan pengaturan Minbar dari mulai detil kota hingga suara adzan.

lalu sesuaikan nama kota dengan tempat tinggal yang kita tempati sekarang, saya pilih “Bekasi” karena tempat tinggal saya di Bekasi. Setelah selesai pilh terapkan.

selanjutnya ke pengaturan berikutnya pilih lanjut nanti akan ada pengaturan opsi, pemberitahuan dan metoda perhitungan. Centang dipilihan opsi dan pemberitahuan, selanjutnya atur pemberitahuan sebelum adzan berkumandang berapa menit. Untuk metoda perhitungan pilih Muslim World League (MWL).

selanjutnya kita ke pengaturan adzan, pengaturan adzan disini bermaksud memasukkan suara adzan ketika waktu shalat telah tiba. Pilih tulisan “tidak ada” pada kotak suara adzan, lalu pilih suara adzan yang ingin kita masukkan.

setelah pengaturan kita setting semua selesai lalu kita pilih OK. Lalu akan muncul tampilan depan aplikasi Minbar dan sebelum aplikasi minbar digunakan jangan lupa centang “Bunyikan Adzan” yang berada disamping kanan tampilan depan minbar. Lalu pilih tutup dan aplikasi Minbar akan berfungsi disaat waktu adzan tiba.

Kini dikomputer/laptop kita telah ada yang ingetn untuk shalat, jadi kita tidak akan lupa lagi untuk mengerjakan shalat lima waktu. 🙂

NB: Shalatlah Kamu Sebelum Dishalatkan..!!!

Iklan
This entry was posted in BlankOn.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s